Informasi Perawatan dan Kesehatan untuk Wanita

Panduan Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung

Panduan Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung

Makanan menjadi bagian penting dari pola hidup sehat yang dapat dijalani oleh siapapun. Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan organ tersebut dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini hal terkait pemilihan jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Prinsip Umum Pemilihan Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Diet atau pengaturan menu serta pola makan untuk menjaga kesehatan jantung memiliki tujuan untuk menunjang proses pengobatan penyakit jantung ataupun untuk menjaga kesehatan organ tubuh tersebut. Penyakit jantung terjadi karena ada masalah tertentu pada organ tersebut sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

Pemilihan menu dan pengaturan pola makan dapat menjadi cara untuk mengelola masalah pada organ jantung. Diet untuk jantung secara umum memiliki tujuan sebagai berikut.

  • Memilih menu makanan sehat untuk jantung yang sesuai dengan kebutuhan asupan gizi harian tanpa menambah beban kerja dari organ jantung.
  • Menjaga stabilitas berat badan atau menurunkan berat badan pada seseorang yang mengalami obesitas. Berat badan yang berlebih memberi resiko lebih besar pada seseorang untuk mengalami masalah jantung. Seseorang yang telah positif memiliki penyakit jantung akan memiliki resiko lebih besar mengalami serangan jika berada dalam kondisi kelebihan berat badan.
  • Pengaturan menu dan pola makan juga bertujuan untuk mencegah ataupun menghilangkan pembengkakan atau edema yang disebabkan oleh penimbunan air dan garam pada tubuh. Seseorang dengan masalah jantung seringkali mengalami pembengkakan dengan tingkat yang beragam karena penimbunan air dan garam pada bagian tubuh tertentu.

Mengatur Menu Makanan Sehat Bagi Jantung

Ada beberapa pertimbangan yang wajib diketahui mengenai jenis makanan sehat untuk jantung yang dapat dikonsumsi; terlebih lagi bagi mereka yang telah diketahui memiliki masalah jantung. Sedangkan bagi mereka yang tidak mengalami masalah jantung; makanan yang sehat untuk jantung dapat menjadi bagian dari diet sehat untuk menghindari masalah kesehatan terkait organ tersebut.

  • Sumber Energi

Salah satu elemen penting dalam mengatur diet yang sehat bagi jantung adalah memilih makanan sumber energi yang mengandung karbohidrat. Pemenuhan kebutuhan energi dari sumber karbohidrat sebaiknya mencapai 55% hingga 65% kebutuhan kalori harian. Ada beberapa sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari karena memiliki kandungan gas seperti ubi dan singkong. Produk olahan dari bahan tersebut yang memiliki kandungan alkohol seperti tape ketan, ubi dan singkong sebaiknya juga dihindari.

  • Sumber Protein

Kebutuhan protein menjadi hal penting lain yang harus terpenuhi dalam mengatur menu makanan sehat untuk jantung untuk konsumsi sehari – hari. Orang sehat dan penderita penyakit jantung sebenarnya memiliki kebutuhan protein yang serupa dengan jumlah sekitar 0,8 gram / kilogram berat badan. Meskipun begitu; ada beberapa sumber protein yang sebaiknya diutamakan berupa protein hewani yang bebas lemak dan protein nabati dengan kandungan lemak rendah. Susu rendah lemak, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa gajih dan putih telur dapat menjadi alternatif sumber protein hewani yang sehat. Sedangkan kacang – kacangan seperti kacang tanah dan mete sebaiknya tidak dikonsumsi.

  • Sumber Vitamin, Mineral Dan Serat

Buah–buahan dan sayuran menjadi makanan sehat untuk jantung yang dapat menjadi sumber berbagai vitamin, mineral dan serat. Buah dan sayur dengan kandungan gas dan alkohol sebaiknya tetap dihindari seperti buah nangka dan durian. Sedangkan untuk sayuran; ada baiknya untuk menghindari kol, bunga kol, sawi dan lobak karena memiliki banyak kandungan gas. Membatasi konsumsi garam juga sangat dianjurkan; terutama bagi mereka yang telah positif mengalami masalah dengan jantung.

You might also like