Informasi Perawatan dan Kesehatan untuk Wanita

Mau Tahu Menu Diet Sehat Saat Sarapan, Makan Siang dan Malam?

menu diet sehat

Asupan makanan sangat penting untuk diperhatikan, bila ingin memiliki tubuh proporsional. Sayangnya terkadang sulit diaplikasikan. Tapi kalau bunda ingin selalu sehat dan langsing, maka menu diet sehat wajib diterapkan setiap hari.

Menu Diet Sehat Untuk Sarapan

roti gandum

Program diet yang baik tentunya tidak memangkas asupan makanan secara ekstrem. Anda tetap harus memerhatikan keseimbangan pasokan karbohidrat, serat, protein dan berbagai nutrisi penting lainnya. Seperti ketika menyantap sarapan atau makan pagi.

Bila selama ini bunda sudah terbiasa menyantap nasi ketika sarapan, nah kali ini harus mengubah sumber karbohidratnya. Penggantinya bisa berupa roti gandum atau oatmeal. Sangat banyak produk oatmeal di pasaran, agar lebih nikmat dan bergizi bisa ditambahkan yogurt atau susu. Takaran oatmealnya cukup 2-3 sendok makan setiap pagi.

Roti gandum juga sangat baik sebagai pengganti nasi. Supaya lebih enak bunda bisa menambahkan selai kacang, selai aneka buah dan sebagainya. Tetapi harus diingat untuk tidak menggunakan selai coklat dan mentega sebagai tambahannya.

Biasanya menyantap setangkap atau dua lembar roti gandum sudah cukup untuk membuat perut terasa kenyang. Tetapi kalau dirasa masih terasa lapar, bunda masih boleh mengkonsumsi satu lembar lagi. Ini batasan maksimalnya jadi jangan menambah porsi makannya lagi. Sebab kalau masih menambahnya lagi sama saja dengan mengkonsumsi nasi dengan kadar karbohidrat berlebih.

Menu Diet Sehat Untuk Makan Siang

nasi merah

 

Berbeda saat sarapan yang sebaiknya menghindari nasi, ketika makan siang bunda boleh menyantap nasi sebagai makanan pokoknya. Namun lebih disarankan tidak mengkonsumsi nasi putih, tetapi menggantinya dengan nasi merah yang terbukti lebih menyehatkan. Nasi merah lebih rendah kadar gulanya dan memberikan rasa kenyang lebih lama ketimbang konsumsi nasi putih.

Bagaimana kalau tidak ada nasi merah? Bunda bisa tetap mengkonsumsi nasi putih tetapi dengan takaran yang lebih sedikit dari biasanya minimal setengahnya. Jadi jangan sampai tidak meninggalkan asupan karbohidrat, karena zat ini juga sangat penting bagi metabolisme tubuh.

Kenikmatan menyantap nasi bisa dibarengi dengan beragam lauk pauk yang tentunya lebih menyehatkan. Bunda tetap bisa mengkonsumsi dada ayam, telur dan sebagainya, tapi jangan meninggalkan sayur mayur seperti sawi, bayam, kangkung dan sebagainya.

Sebagai penunjang asupan protein, mengkonsumsi tahu dan tempe sangat dianjurkan. Dengan begitu, beragam nutrisi penting bisa didapatkan tubuh melalui jenis kacang-kacangan yang terkandung di dalamnya. Menu sehat lainnya bisa dengan menyantap nasi dengan tambahan sup.

Menu Diet Sehat Untuk Makan Malam

Nah, kalau saat sarapan bunda masih boleh mengkonsumsi sumber karbohidrat, seperti roti gandum dan oatmeal. Begitu pula ketika makan siang bahkan bunda boleh menyantap nasi. Tetapi untuk menu diet untuk malam hari sama sekali tidak boleh mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber besar karbohidrat.

Jadi bunda tidak boleh mengkonsumsi oatmeal, roti gandum, nasi merah apalagi nasi putih. Lebih dianjurkan untuk menyantap makan malam dengan menu buah-buahan. Buah itu pun tidak boleh dicampur dengan yogurt, cokelat atau susu. Secara umum semua buah bisa dijadikan menu makan malam, hanya saja sebaiknya menghindari memakan buah durian dan alpukat.

Kenapa kedua buah enak itu dilarang? Alasannya adalah kadar lemaknya sangat tinggi, sehingga akan mengganggu program diet. Beberapa buah yang sangat dianjurkan sebagai santapan malam seperti apel, melon, semangka, pepaya dan pisang. Tidak hanya terbukti menyehatkan tetapi juga sangat membantu kelancaran sistem pencernaan. Selain itu, kandungan airnya juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Bila cairan tubuh terpenuhi maka tubuh akan terasa selalu segar, memberi rasa kenyang lebih lama dan terhindar dari risiko dehidrasi yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nah, bila di luar jam makan perut terasa sudah lapar, maka diperbolehkan untuk mengkonsumsi menu diet sehat berupa buah-buahan tersebut.

You might also like